Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kota Bengkulu

Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kota Bengkulu . Perkampungan Tumang, Cepogo berada di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan tersebut dikenal sebagai pusat industri seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo. Beberapa family Jateng membangun kerja di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam pasar. Skill mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekedar membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, dan sebagainya tapi masa ini telah bertolak ke kerajinan logam buat kebutuhan interior hotel, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, saat ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Negeri Kita dan manca negara. Orderan kerajinan logam mengalami penambahan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya adalah hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para industri kerajinan tembaga buat mempromosikan produknya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website begitu memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke solo. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke subulussalam.


Contoh Seni Tembaga adalah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga begitu beragam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini adalah beberapa parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yg dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya tentunya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Problem lainnya, pebisnis Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa memperoleh harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, perajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tak sekedar memperoleh orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan interior hotel tetapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai desain kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekedar satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari kotamobagu. Dengan bekal pengalaman puluhan th memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah paham teknik untuk membuat seni logam yg ber-quality dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.